Greenpeace : Nokia Terbaik, Nintendo Terburuk

LOS ANGLES – Lembaga pemerhati lingkungan Greenpeace beberapa hari lalu mengumumkan perusahaan elektronik yang peduli dalam menerapkan teknologi ramah lingkungan. Hasilnya, Nokia menjadi yang terbaik, sedangkan Nintendo paling buruk.

Organisasi Greepeace merilis daftar beberapa perusahaan dengan tingkat pencemaran pada bumi mulai dari yang terbaik sampai terburuk. Pada posisi teratas, menempatkan vendor telepon seluler Nokia sebagai yang terbersih dalam hal output rumah kaca, tingkat daur ulang dan penggunaan bahan kimia dan plastik semacam polyvinyl chloride (PVC) dan brominated flame retardant.

Nokia, menurut Greenpeace, memperoleh skor 7 dari nilai maksimal 10. Semakin kecil skor yang didapat, semakin besar perusahaan mencemari lingkungan. Mereka juga menambahkan, Nokia menjadi pelopor dalam melakukan daur ulang telepon seluler bekas, seperti yang sudah dilaksanakannya di India.

“Menurut kami, Nokia merupakan vendor yang paling peduli dalam isu bahaya bahan kimia, mereka telah menggunakan bahan baku yang bebas PVC sejak akhir tahun 2005 lalu,” ucap Greepeace di situs resminya, seperti yang dikutip AFP, Jumat (28/11/2008).

Hal kontras justru dialami oleh konsol game Nintendo, meski penjualan produk mereka sangat laris dimana-mana. Akan tetapi, Greenpeace, mencatat perusahaan asal Jepang itu merupakan yang terbanyak dalam menghasilkan polusi. Dengan skor hanya 0.8, Nintendo pun menjadi yang terbuncit dalam daftar Greenpeace.

Nintendo sempat membantah penilaian itu. Menurutnya, produk yang dihasilkan sudah memenuhi standar produk global yang berlaku.

Di bawah Nokia, perusahaan gadget asal Korea Samsung menyodok di posisi kedua dengan raihan 5,7 poin. Sedangkan pada posisi ketiga, diduduki Fujitsu Siemens Computers dalam skor 5,5.

Greenpeace menilai kedua perusahaan itu sudah menggurangi penggunaan PVC dalam produknya. Baik Samsung dan Fujitsu Siemens Computers, keduanya berjanji pada tahun 2010 nanti semua produk keluarannya telah berhasil bebas dari PVC.

Iklan

~ oleh Alex Regaliano pada November 30, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: